Wednesday, April 10, 2013

5 Tanda orang terlalu banyak olahraga


Apa Anda sering merasa kelelahan saat berolahraga? Bisa jadi karena Anda terlalu memaksakan diri dan terlalu banyak berolahraga. Meski olahraga bagus untuk menjaga kebugaran tubuh, namun terlalu banyak olahraga juga tak baik untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa tanda yang harus diketahui ketika seseorang terlalu banyak berolahraga, seperti dilansir oleh NY Daily News (08/04).



1. Kelelahan
Olahraga biasanya membuat seseorang semakin bertenaga. Namun terlalu banyak olahraga malah membuat orang kelelahan terus-menerus. Jika Anda keluar dari pusat kebugaran dan serasa ingin tidur, berarti Anda terlalu banyak berolahraga.

2. Sering sakit
Olahraga bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi jika Anda malah sering sakit, berarti Anda tidak berolahraga dalam kadar yang cukup. Terlalu banyak olahraga bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya semakin sulit melawan virus.

3. Detak jantung meningkat
Periksa denyut nadi Anda ketika berbaring. Jika detak jantung lebih cepat dari biasanya, sebaiknya beristirahatlah. Kenaikan detak jantung hingga 10 persen menunjukkan bahwa tubuh Anda perlu istirahat.

4. Kaki terasa berat
Jika kaki Anda terasa berat saat digunakan melangkah, berarti Anda terlalu lelah berolahraga. Sebaiknya Anda istirahat atau mengurangi jam olahraga. beberapa hal seperti memijat atau meregangkan tubuh bisa dilakukan untuk mengurangi rasa berat pada kaki.

5. Otot kaku
Olahraga yang benar akan membuat otot lebih fleksibel dan tidak kaku. Namun jika Anda mengalami kekakuan otot selama lebih dari 48 jam setelah berolaharaga, berarti Anda terlalu banyak melakukannya. Kurangi jam olahraga dan kurangi intensitasnya.

Jika Anda melakukan olahraga untuk tujuan tertentu, sebaiknya catatan jadwal olahraga dan waktu olahraga yang Anda lakukan. Selain itu, catat juga hasil olahraga Anda. Jika tak melihat adanya perubahan baik setelah melakukan olahraga dengan giat, sebaiknya kurangi intensitas olahraga. Bisa jadi Anda terlalu banyak berolahraga

No comments:

Post a Comment