Monday, August 12, 2013

Cara Mengatasi Problem Gatal Pada Miss V

 Gatal pada miss V disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah bakteri jamur. Bakteri jamur tersebut bisa tertular melalui hubungan intim berganti-ganti pasangan, buang air kecil di tempat yang kurang higienis, tidak mengganti pembalut secara rutin, tidak mengganti underwear saat sudah lembab, kelebihan gula dalam tubuh, alergi pada antibiotik, sistem immune yang lemah dan lain sebagainya.



Ada pula gatal yang disebabkan oleh reaksi alergi, namun kemungkinannya sangat kecil dan jarang dialami kebanyakan wanita. Pun demikian, bakteri jamur tersebut tak boleh dibiarkan terus karena bisa berkembang jumlahnya dan tidak hanya menyebabkan gatal. Pada kasus yang tidak segera ditangani akan menyebabkan seperti rasa terbakar dan disertai aroma tak sedap. Apabila digaruk dan iritasi, maka bisa saja area bikini bottom terserang infeksi.

Tanda-tanda apabila gatal di miss V telah terserang jamur, selain gatal, miss V juga disertai dengan terbentuknya jamur berwarna putih yang menempel cukup tebal pada area miss V. Nah, jamur tersebut akan berkembang terus dan menyebabkan rasa gatal seperti terbakar dan aroma tidak sedap.

Menjaga PH agar tetap seimbang adalah kunci utama agar jamur tidak berkembang di area miss V. Untuk itu hindari menggunakan sembarang sabun saat membersihkan miss V dan dianjurkan memakai sabun khusus dengan PH balance.

Untuk kasus gatal yang sudah parah, sebaiknya memang segera hubungi dokter. Tetapi apabila praktek dokter masih beberapa jam ke depan, maka yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

DO
  • Membasuh miss V menggunakan sabun khusus dengan PH balance
  • Apabila sabun tersebut tidak ada, bisa menggunakan air rebusan daun sirih
  • Mengganti underwear setiap terasa lembab. Jangan biarkan sampai basah berkepanjangan karena bakteri bisa semakin banyak jumlahnya.
  • Hindari menggunakan pembalut terlalu lama. Ganti pembalut Anda setiap 3-4 jam sekali.
  • Sementara waktu, hindari pula makanan yang dapat memperparah rasa gatal seperti seafood, telur, ayam, dan lain sebagainya yang dapat memicu alergi.


DONT

  • Menggunakan bedak talc untuk mengurangi rasa gatal, karena bedak tersebut akan menjadi media yang sempurna bagi bakteri jamur berkembang biak.
  • Menggunakan celana dalam yang ketat dan panas. Miss V butuh bernafas dan membutuhkan pergantian udara yang cukup.
  • Menggaruk saat terasa gatal, karena ini akan memperparah kondisinya.

Segera hubungi dokter agar Anda dapat segera memperoleh perawatan dan pengobatan baik oral maupun melalui gel/cream khusus yang dapat mengatasi bakteri jamur.

No comments:

Post a Comment