Tuesday, July 2, 2013

6 Tips Agar Selalu Sehat dan Tidak Mudah Sakit

Semakin dewasa, daya tahan tubuh seharusnya makin baik ketimbang saat masih anak-anak. Sayangnya, berbagai pengaruh dari luar seperti stres akibat tekanan pekerjaan, polusi, cuaca buruk dan gaya hidup tidak sehat membuat daya tahan orang dewasa melemah. Akibatnya, tubuh mudah sakit.



"Penyakit seperti kanker, jantung, multiple sclerosis, parkinson, dan masih banyak lagi bisa menggerogoti tubuh," ujar Tosca Reno, penulis buku Your Best Body Now, seperti dilansir situs Newsmaxhealth.com. Karena itu, daripada makan camilan tidak sehat, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi Vitamin E

Vitamin E adalah senyawa yang larut dalam lemak dan bisa mengurangi kerusakan oksidatif akibat pertambahan usia. Asupan vitamin E yang cukup dapat membantu mencegah kanker dan Alzheimer. VItamin E dapat Anda jumpai dalam telur, kacang-kacangan, minyak sayur, minyak gandum dan biji-bijian. Jika Anda merasa kurang mencukupi kebutuhan vitamin E, Anda bisa mengonsumsi suplemen.

Makan Goji Berry

Goji berry adalah buah super yang menurut banyak penelitian dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah penyakit jantung. Para ahli percaya bahwa goji beri adalah buah yang baik untuk kesehatan. Sulit mendapat goji berry segar? Anda bisa mengonsumsi suplemen goji berry alami.

Kurangi Garam

Makan memang tidak enak jika kurang garam, tetapi bisa membuat Anda lebih sehat. Sebaiknya ganti garam dengan perasa alami lain, misalnya bawang, merica, pala atau rempah-rempah lain. "Bahan perasa alami lain dapat menambah rasa tanpa mengikat lemak, hal tersebut akan membuat tubuh makin sehat sekaligus melindungi jantung dan melawan kanker," ujar Tosca Reno.

Perbanyak Makanan Sehat Penunda Lapar

Banyak orang makan berlebih hanya karena bosan, bukan karena membutuhkan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat menahan rasa kenyang lebih lama. Anda bisa mencoba apel, bayam, putih telur dan wortel.

Konsumsi Minyak Ikan

Tidak semua lemak itu jahat dan harus dihindari. Anda bisa mengonsumsi lemak baik yang sangat bermanfaat untuk melindungi jantung dan melawan stres. Minyak ikan adalah bahan alami yang disarankan. Minyak ikan berfungsi melawan depresi sekaligus sebagai bahan anti radang.

Tidur Cukup

Selain menjaga pola makan dan memilih makanan bernutrisi, tidur yang cukup adalah cara alami menjaga kesehatan. Tidur cukup akan menjaga agar tubuh Anda tidak mudah lapar keesokan harinya. Selain itu, pikiran jadi lebih fresh dan tidak mudah melampiaskan emosi berlebih.

No comments:

Post a Comment