Tuesday, July 2, 2013

Tips Merawat Laptop Agar Lebih Awet

Laptop, notebook bahkan tablet adalah benda-benda yang umum dipakai untuk mempermudah pekerjaan dan kehidupan kita. Hampir semua kalangan sudah akrab dengan laptop. Walaupun makin hari harganya makin terjangkau, laptop tetap harus dirawat agar awet. Inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Gunakan pelindung keyboard agar lebih terlindungi dari gesekan, terkena tumpahan air dan menjaga agar debu tidak masuk di sela-sela keyboard. Jika Anda tidak nyaman memakai pelindung keyboard, selalu bersihkan sela keyboard dengan kuas khusus.
  2. Pasang screen protector pada layar agar tidak terkena goresan.
  3. Gunakan kipas angin laptop untuk menghindari panas atau overhead. Kipas ini biasanya diletakkan di bawah laptop menjadi satu dengan meja penyangga laptop. Tetapi jika laptop Anda dirancang untuk selalu dingin, tips ini bisa diabaikan.
  4. Jangan meletakkan cairan atau minuman di dekat laptop, untuk menghindari tumpahan zat cair. Jangan pernah mencampur laptop dengan botol berisi zat cair/minuman dalam satu tas/wadah. Hal ini untuk menghindari tumpahan cairan yang dapat merusak laptop.
  5. Hindari meletakkan laptop di dekat sumber medan magnet seperti televisi, radio dan sebagainya.
  6. Gunakan listrik yang stabil saat memakai laptop atau saat charging. Listrik yang tidak stabil dapat merusak komponen laptop.
  7. Akan lebih baik jika menggunakan tas khusus laptop, karena rancangannya membuat laptop lebih terlindungi dari benturan ringan dan membuat Anda lebih nyaman membawanya.
  8. Untuk bagian luar laptop, bersihkan menggunakan kain halus yang bersih. Jika ada noda, Anda bisa membersihkannya dengan cairan khusus. Basahi kain dengan cairan tersebut, baru lap pada noda di bagian luar laptop.
  9. Pastikan laptop memiliki software antivirus dan selalu meng-update secara berkala.
  10. Lakukan defragmenting dan bersihkan file-file yang sudah tidak dibutuhkan untuk membuat kerja laptop lebih cepat.

No comments:

Post a Comment