Saturday, July 6, 2013

Penyebab Lidah Berwarna Putih

Pernah mengamati tidak, ketika lidah berubah warna menjadi keputihan? Hmmm... sebenarnya Anda perlu waspada apabila ini sedang Anda alami, karena apabila lidah berwarna keputihan menunjukkan tanda kesehatan Anda sedang kurang baik.



Mungkin tampak sepele, tetapi lidah yang berwarna putih bisa mengindikasikan penyakit yang sedang mengganggu tubuh Anda. Seperti dikutip dari boldsky, beberapa penyakit yang diindikasikan dari lidah berwarna putih di antaranya:

Kurangnya kesehatan mulut

Yang pertama jelas menandakan kesehatan mulut Anda buruk. Bisa jadi karena memang Anda kurang bersih dan detail merawat kesehatan mulut, serta tidak rajin menggosok gigi.

Solusinya selalu detail dalam menggosok gigi serta jangan lewatkan bagian lidah dengan alat khusus pembersih lidah. Cara ini juga sekaligus akan membuat nafas Anda lebih segar.

Dehidrasi

Tanda kedua apabila lidah Anda berwarna keputihan yaitu dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan air, maka lidah tampak putih pucat. Kuncinya adalah menjaga keseimbangan asupan air minum, setidaknya 1-2 liter setiap hari.

Demam

Saat sedang demam tinggi, biasanya lidah berwarna putih dan seperti ada kerak yang menempel di sana.. Umumnya juga disertai rasa pahit serta tidak nyaman saat menelan. Peningkatan suhu tubuh menyebabkan dehidrasi sehingga lidah menjadi tampak putih dan pucat.

Problem liver

Ada problem pada liver atau pencernaan Anda apabila lidah Anda berwarna putih. Dan bila pertanda ini muncul, artinya Anda perlu segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter.

Akibat merokok

Merokok membuat kondisi mulut menjadi kering dan dehidrasi, dan di sinilah akibatnya lidah menjadi berwarna putih. Sayangnya, umumnya warna putih pada lidah para perokok sifatnya permanen.

Leucoplakia

Nama penyakit yang cukup aneh ini ternyata mengacu pada penyakit berbahaya yaitu kanker. Apabila lidah Anda berwarna putih bukan karena hal-hal di atas, maka ini adalah pertanda Anda sedang menderita kanker mulut. Lekas hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan detail untuk memastikannya.

No comments:

Post a Comment