Monday, July 15, 2013

7 Manfaat dari bawang bombai

Bawang bombai merupakan salah satu rempah yang memberi aroma dan cita rasa yang lezat pada sebuah masakan. Terlepas dari situ, bawang bombai ternyata memiliki banyak khasiat penting. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari All Women Stalk berikut ini.



Menyehatkan jantung
Penelitian menyebutkan kalau makan setengah potong bawang bombai mampu menurunkan kolesterol jahat. Secara otomatis, kesehatan jantung pun terjaga jika bawang bombai mentah dikonsumsi secara teratur.

Mengandung phytochemcial
Bawang bombai kaya akan phytochemcial yang membantu vitamin C memaksimalkan fungsinya bagi tubuh. Adanya phytochemcial juga mampu melancarkan peredaran darah dan menurunkan inflamasi, sehingga mampu menyehatkan sistem kardiovaskular.

Menangkal osteoporosis
Bawang bombai memiliki senyawa khusus yang mampu menggantikan pengeroposan tulang pada wanita yang menderita osteoporosis. Jadi jika ingin cara alami menangkal osteoporosis, sebaiknya mulai sekarang rajinlah makan bawang bombai.

Mengandung kromium
Kromium adalah mineral yang membantu sel merespon kinerja insulin dalam mengontrol gula darah dalam tubuh. Kromium pun bisa ditemukan dalam bawang bombai. Selain itu, bawang bombai hijau juga memiliki vitamin A tinggi.

Sumber serat
Jika sedang diet, serat adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sumber serat terbaik pun bisa diperoleh dari bawang bombai. Fungsi lain dari serat adalah melancarkan pencernaan.

Menguatkan sistem imun
Ada banyak antioksidan dalam bawang bombai yang ampuh menguatkan sistem imun dan menurunkan inflamasi. Seperti yang diketahui, sistem imun yang kuat adalah kunci mempertahankan diri dari serangan berbagai macam penyakit.

Mengobati flu
Pada zaman dahulu ketika wabah flu menyerang, konon dengan meletakkan bawang bombai di dalam ruangan, virus flu mampu pergi dan tidak menyerang lagi. Meskipun belum dibuktikan secara ilmiah, namun tidak ada salahnya mencoba cara itu ketika tubuh mengalami penurunan stamina.

No comments:

Post a Comment