Monday, July 15, 2013

Kenapa liburan baik bagi kesehatan?

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berlibur mampu mengembalikan stamina dan baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Kenapa bisa demikian? Simak alasan kenapa liburan memang bersifat baik kesehatan selengkapnya seperti yang dilansir dari Health berikut ini.



Menurunkan stres
Bahkan hanya jalan-jalan atau beraktivitas fisik di luar ruangan setiap minggu, kadar stres dalam tubuh otomatis bisa menurun. Hal ini dikarenakan jalan-jalan membuat kita senang sehingga menurunkan kadar stres. Seperti yang sudah diketahui, stres adalah sumber penyakit fisik dan mental. Namun jika stres menurun, risiko berbagai penyakit bisa diturunkan.

Mengistirahatkan jantung
Berkaitan dengan stres pekerjaan, penelitian lain membuktikan bahwa wanita yang berlibur setidaknya dua kali dalam setahun mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Sementara mereka yang tidak pernah berlibur sama sekali justru berisiko meninggal akibat penyakit jantung sebesar 32 persen.

Mendekatkan diri dengan keluarga
Liburan adalah salah satu cara efektif untuk menikmati waktu bersama keluarga. Kebersamaan itu pun memberi dampak positif dan memperkuat ikatan antar anggota keluarga. Mencintai dan merasa dicintai akhirnya mampu meningkatkan kebahagiaan serta sistem imun dalam tubuh.

Membuat lebih pintar
Liburan sama seperti tombol 'pause' bagi pekerjaan. Artinya Anda juga akan berpisah dengan berbagai gadget, termasuk ponsel, tablet, laptop, komputer, dan lainnya. Jika ketika bekerja semua benda-benda itu selalu menyibukkan Anda, liburan justru membuat Anda jauh dari berbagai gadget. Hasilnya, tidur menjadi lebih nyenyak, konsentrasi meningkat, dan Anda lebih pintar saat kembali bekerja.

Menyenangkan hati
Menurunnya kadar stres dan depresi sama dengan meningkatnya kebahagiaan. Sementara kesenangan hati berbanding lurus dengan kesehatan. Jadi tidak ada salahnya mengambil jatah liburan dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat untuk merasakan kebahagiaan itu.

No comments:

Post a Comment