Tuesday, July 16, 2013

Segelas wine tiap hari aman diminum oleh ibu hamil



Ibu hamil sering disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol. Namun menurut penelitian terbaru, minum segelas wine selama hamil tergolong aman dan tidak akan mengganggu pertumbuhan janin.

Penelitian skala besar dari Bristol University di Inggris itu menemukan bahwa ibu hamil yang minum wine segelas saja setiap hari justru membuat perkembangan janin di dalam rahim berjalan lebih baik dan seimbang.

Meskipun panduan kesehatan menyebutkan kalau alkohol sebaiknya dijauhi selama hamil, beberapa penelitian justru membuktikan kalau minum alkohol dalam jumlah kecil tidak akan langsung mengganggu fungsi otak dan perilaku bayi nantinya.

Profesor John Macleod selaku kepala peneliti menganalisis data 7.000 anak yang ibunya mengonsumsi alkohol selama hamil. Tim peneliti lantas menemukan kalau ibu hamil yang minum tujuh gelas wine dalam seminggu tidak mengalami gangguan kesehatan pada dirinya dan bayi yang dikandung.

"Tidak ada bukti kalau konsumsi segelas wine sehari membahayakan perkembangan bayi," papar Profesor Macleod, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Meskipun demikian, para pakar kesehatan lain yang tidak terlibat dalam penelitian tetap tegas menyarankan agar ibu hamil menghindari konsumsi alkohol.

Hasil penelitian tersebut pun dilaporkan dalam jurnal BMJ Open.

No comments:

Post a Comment