Monday, July 15, 2013

Meski pernah sakit kanker, wanita punya kesempatan untuk hamil

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang pernah menderita kanker ketika kecil dan berhasil sembuh memang berisiko tinggi mengalami kemandulan. Namun mereka masih punya kesempatan untuk hamil.



Penelitian dalam jurnal Lancet Oncology itu juga menemukan sekitar dua per tiga wanita yang dulunya pernah sakit kanker ternyata mampu hamil.

Menurut peneliti dari Brigham and Women's Hospital di Boston, kesempatan untuk hamil bagi para 'mantan' penderita kanker tersebut sama besarnya dengan wanita sehat yang menjalani pengobatan infertilitas.

Sebagaimana dilansir dari Medical News Today, sebanyak 3.531 wanita berusia 18-39 tahun terlibat dalam penelitian ini. Peneliti pun menemukan 64 persen dari responden berhasil hamil meski dulunya pernah menderita kanker ketika masih anak-anak.

"Ini adalah penelitian pertama yang membahas tentang kesempatan hamil bagi wanita yang dulunya menderita kanker ketika kecil," papar Dr Sara Barton, kepala peneliti.

Berkonsultasi dan melakukan pengobatan infertilitas adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesempatan hamil, demikian menurut peneliti.

No comments:

Post a Comment