Wednesday, July 3, 2013

Anak Suka Siksa Binatang Gejala Awal Psikopat

Hati-hati jika anak sering bersikap kasar dan suka menyiksa binatang, karena itu salah satu indikasi awal penderita kelainan psikologis termasuk psikopat. Psikopat adalah gangguan jiwa yang membuat penderitanya bersikap antisosial dan sering merugikan orang lain, memutar balik fakta, menyebar fitnah, dan melakukan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan bagi dirinya sendiri.



"Psikopat itu indikasi awalnya kasar dan suka menyiksa binatang," kata psikolog Universitas Indonesia Ratih Andjayani Ibrahim di Jakarta, Selasa. Oleh karena itu, menurutnya, penting menumbuhkan rasa empati anak terhadap binatang. "Binatang itu basic untuk menumbuhkan sisi kemanusiaan kita," katanya.

Bagi anak yang merasa trauma terhadap binatang tertentu, hingga membuatnya membenci dan dendam, menurut Ratih, sebaiknya ia dijauhkan dari binatang yang ditakuti itu. Itu untuk menghindari agar si anak tidak menyakiti binatang yang sebelumnya pernah melukainya dan menyebabkan trauma. 

Jika anak memang pernah mengalami trauma pada hewan, sebaiknya hindari dia dari hewan yang pernah menyebabkan trauma. "Kalau dia pernah dicakar kucing, lalu dendam hingga tiap kali melihat kucing ingin menyiksa, jauhkan saja, juga diarahkan oleh orang tua agar berhenti menyakiti binatang," katanya.

No comments:

Post a Comment