Tuesday, July 9, 2013

Tips Saat Berpuasa

Dalam bulan puasa, ada kalanya seseorang terlambat bangun untuk sahur. Kalau sudah begini, puasa bisa jadi lebih lemas dari biasanya.



Meski Anda tahan untuk tidak makan seharian, namun hal ini juga bisa membahayakan kesehatan, karena tubuh tidak mendapat asupan energi dalam jangka waktu lama setelah tidur. Selain itu juga meningkatkan resiko bagi yang punya penyakit maag.

Namun jangan khawatir, Vemale akan memberikan beberapa tips mudah. Nah, dengan mencoba beberapa tips ini, semoga Anda tak lagi kesulitan bangun  saat sahur.

Jangan Terlalu Lelah

Tidurlah pada saatnya. Jangan terlalu ngantuk atau lelah saat tidur. Atur waktu sosialisasi, waktu kerja, ibadah dan tidur Anda. Tidur dalam kondisi yang terlalu lelah akan membuat Anda sulit bangun setelah terlelap.

Selalu Pasang Alarm

Meski ini adalah senjata klasik, namun sangat ampuh untuk membangunkan Anda. Selain alarm statis, Anda juga bisa menggunakan 'alarm hidup'. Misalnya minta dibangunkan orang rumah atau ditelepon pacar maupun orang tua (bagi yang tinggal sendiri).

Bila Memungkinkan, Jangan Kunci Kamar

Jangan kunci kamar Anda bila Anda tinggal dengan orang tua atau teman yang sama-sama menjalankan ibadah puasa. Ketika waktu sahur tiba, akan lebih mudah akses mereka untuk membangunkan Anda.

Siapkan Makanan Darurat

Tidak semua orang sempat masak, apalagi mereka yang tinggal sendiri. Siapkan makanan darurat seperti kurma, pisang, roti dan minuman penting seperti air putih atau susu. Bila perlu, sediakan madu untuk tambahan energi ekstra.

Sempatkan Sholat Malam

Ini adalah salah satu cara yang bisa memberikan manfaat berlipat-lipat. Bila Anda bangun sebelum alarm membangunkan Anda, segera ambil wudhu dan lakukan sholat malam.

Air wudhu bisa membantu menyegarkan Anda dari kantuk yang masih menggantung di mata. Sementara sholat malam memberi nilai spiritual dan ibadah yang berlipat sembari menunggu waktu sahur.

Berbuka Secukupnya

Selain manajemen waktu beraktivitas, Anda juga perlu menjaga pola makan saat berbuka. Makanan berbuka yang terlalu berat dan banyak dikonsumsi, mudah membuat kita mengantuk dan pencernaan menjadi berat.

Konsumsilah porsi yang cukup dan tidak sampai kekenyangan. Selain bikin tidak mudah ngantuk, tubuh juga jadi lebih sehat.

Awal dan Akhir

Hati-hatilah di minggu awal dan akhir puasa. Karena pada waktu itu kita mulai rawan terlambat bangun. Lakukan beberapa tips di atas untuk mengatasi hal ini.

No comments:

Post a Comment