Monday, July 15, 2013

Mata sehat pertanda otak yang cemerlang!



Mata bukan hanya jendela hati. Tapi juga bisa memberi tahu mengenai kesehatan Anda? Tidak percaya? Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir Fox News berikut (14/7).

Sebuah studi pada Psychological Science menemukan pembuluh darah di belakang mata bisa mengungkapkan kesehatan otak Anda. Para ilmuwan menemukan orang dengan pembuluh vena lebih banyak mempunyai IQ buruk pada usia pertengahan. Faktor lain seperti rokok, diabetes atau status sosial dan ekonomi tidak berpengaruh. 

Menurut Shalev, penulis studi ini, pembuluh darah mata mencerminkan kondisi otak Anda sebab ukuran, struktur dan fungsinya serupa. "Pembuluh darah dikembangkan dari sel-sel yang sama dengan pembuluh darah di otak," jelas Shalev.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan ukuran pembuluh darah di mata dengan risiko penyakit demensia, penyakit jantung, stroke. Studi tersebut dilakukan pada orang tua. Tapi bisa juga dilakukan pada anak-anak, bahkan hasilnya lebih jelas.

Kemudian Shalev menambahkan, pencitraan retina dapat mendeteksi perubahan bagi yang berisiko tinggi terhadap penyakit jantung. Perubahan pada mata dari waktu ke waktu terlebih di usia pertengahan bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan. Jika tidak, bisa saja terjadi perubahan tanpa diketahui sebelumnya. Sebab gangguan kesehatan tidak memunculkan gejala sampai waktu yang lama.

No comments:

Post a Comment