Tuesday, July 16, 2013

Makan ikan salmon saat hamil turunkan risiko autis pada bayi

Ibu hamil sebaiknya memperbanyak konsumsi lemak sehat demi menurunkan risiko autis pada bayi, demikian menurut penelitian terbaru.



Peneliti tepatnya menjelaskan bahwa wanita yang mengonsumsi asam linoleat dalam jumlah tinggi berisiko kecil melahirkan bayi autis. Asam linoleat sendiri merupakan jenis asam lemak omega-6 yang ditemukan pada minyak sayur, kacang, dan biji-bijian.

Selain itu, rendahnya kadar asam lemak omega-3 yang biasanya ditemukan dalam ikan salmon juga membuat ibu hamil berisiko memiliki anak autis hingga 53 persen.

"Hasil penelitian kami membuktikan bahwa asam lemak omega-6 sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah tinggi oleh ibu hamil, demikian juga dengan omega-3 yang asupannya harus dijaga dengan seimbang," tulis peneliti dari Harvard School of Public Health.

Meskipun demikian, peneliti menegaskan bahwa risetnya hanya membuktikan kaitan antara konsumsi lemak sehat dengan risiko memiliki bayi autis dan bukan merupakan hubungan sebab akibat.

"Perlu juga dipahami bahwa kadar tinggi omega-6 memang dianjurkan, tetapi omega-3 sebaiknya dipenuhi secukupnya. Karena kadar tinggi omega-3 tidak memberi manfaat ekstra," tambah peneliti, seperti yang dikutip dari Live Science.

Sayangnya, peneliti tidak mampu menemukan kenapa asam lemak omega-3 dan omega-6 berpengaruh terhadap risiko autis. Peneliti pun menyampaikan perlu ada analisis lebih lanjut untuk mengetahui hal tersebut.

Hasil penelitian kemudian diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

No comments:

Post a Comment