Tuesday, July 16, 2013

Bayi umur lima bulan sudah bisa saling membaca emosi

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa bayi yang berusia lima bulan sudah bisa membaca emosi bayi lainnya. Menurut peneliti, bayi mengerti sinyal emosi dengan cara memahami suara dan ekspresi wajah yang diberikan oleh bayi lainnya.



Penelitian tersebut tepatnya dilakukan oleh tim dari Brigham Young University di Utah yang sebelumnya pernah membuktikan kalau bayi bisa memahami emosi anjing, monyet, dan emosi pada musik klasik.

"Kami menemukan bahwa bayi berusia lima bulan mencocokkan visualisasi dengan ekspresi yang dilakukan oleh bayi lainnya. Mereka sudah bisa saling membaca emosi satu sama lain," terang Profesor Ross Flom, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Profesor Flom kemudian menambahkan kalau bayi yang baru lahir tidak bisa berkata-kata saat merasa lapar atau lelah. Jadi mereka lebih banyak berkomunikasi melalui ekspresi wajah. Maka dari itu, tidak mengherankan jika bayi bisa saling membaca emosi di usianya yang masih dini.

Peneliti pun berencana melakukan riset selanjutnya dengan cara memutar video klip pada bayi yang berisi dirinya sendiri. Peneliti ingin tahu apakah dengan cara tersebut, bayi juga tetap bisa membaca emosi.

No comments:

Post a Comment